Sabtu, 26 Desember 2009

LG GW300 vs Samsung Corby TXT GT-B3210


LG dan Samsung, seakan terus bersaing menghadirkan produk di segmen yang hampir sama. Setelah pasar dibanjiri hape Qwerty dari merek lokal, kini dua produsen hape global dari Korea ini ikut terjun meramaikan pasar. Kali ini, tipe hape Qwerty yang menjadi andalan adalah LG GW 300 dan Samsung Corby TXT. Meski kehadiran hape ini bisa dibilang terlambat di pasar hape Qwerty, mereka tetap optimis dan berharap bisa mengisi kekurangan yang ada di hape merek lokal. Nah, mana yang lebih layak untuk Anda beli? Simak terus ya…

Desain dan Keypad
Dilihat dari keypadnya, keduanya memiliki gaya Qwerty sendiri, tidak ikut-ikutan ala BB seperti hape merek lokal. Keduanya berbeda ukuran, LG GW 300 lebih panjang dan lebih lebar daripada Samsung Corby TXT. Ukuran yang lega ini membuat LG GW 300 punya nilai lebih untuk keypad, namun tetap nyaman digenggam karena ukurannya yang tipis. Sementara ukuran Corby TXT lebih kecil dengan desain lebih gaul, lewat permainan garis melengkung di sisi kanan dan kiri.
Disisi warna casing Corby TXT tampak lebih glamour dengan warna depan hitam dan penutup baterei berwarna putih, yang bisa diganti sesuai selera. Sementara warna LG GW 300 lebih kalem dengan paduan dua warna yaitu hitam dan silver yang cenderung doff (nggak mengkilat), plus penutup baterei berwarna abu-abu silver. Meski terlihat lebih fresh, namun casing mengkilat Corby TXT mudah menampakkan jejak jari tangan yang membekas di casing.
Ukuran yang lebih besar membuat keypad LG GW 300 juga lebih besar dan lebih nyaman dipencet. Ini dapat dirasakan saat mengetik cepat untuk SMS atau chating. Sementara di Corby TXT, jempol terkadang nyasar ke huruf lain saat dipakai untuk mengetik cepat. Selain itu, tombol navigasi di LG GW 300 berbentuk bulat dan lebih besar, sehingga lebih nyaman bergerak.

Layar dan Menu
Layar LG GW 300 lebih TeOPe, mantap, dengan resolusi lebih tinggi (320x240 pixel) dan luas 2,4 inchi. Bandingkan dengan layar Corby TXT yang hanya berresolusi 176x144 pixel, seluas 2,2 inchi. Itu artinya, gambar, foto dan ikon-ikon tampak lebih jelas plus huruf-huruf lebih nyaman untuk dilihat di LG GW 300. Mengenai fitur, di LG GW 300 lebih teratur, misalnya fitur hiburan diletakkan di bagian Multimedia yang terdiri dari Camera, Video, Music, FM Radio, dan Voice Recorder. Sementara di Corby TXT, Music, Camera, dan FM Radio diletakkan terpisah-pisah. Di layar utama (Homescreen) masing-masing punya tampilan yang unik. Di LG GW 300 ada Avatar berupa ikon-ikon lucu yang bisa muncul saat panggilan atau ada SMS masuk. Serunya lagi, ikon-ikon ini bisa dipilih dan diganti-ganti. Sementara di Corby TXT ada deretan tombol lamhsung ke fitur yang sering digunakan dan bisa digeser ke kanan dank ke kiri sesuai kebutuhan.

Facebook dan Email
Sebagai hape yang udah terlanjur digolongkan sebagai hape online…online…maka akses ke FB dan chating adalah suatu keharusan. Umumnya, ikon khusus FB di hape Qwerty hanyalah akses langsung untuk menuju ke alamat http://m.facebook.com. Padahal FB Mobile ini sangat minim fasilitas. Karena itu, 2 thumbs up usaha LG untuk membenamkan aplikasi khusus untuk FB di LG GW 300. Dengan aplikasi FB yang didesain khusus untuk hape ini, bersosialisasi di FB lewat hape terasa nyaman. Ada widget di sisi kiri yang mempermudah kita untuk mengecek status teman, cek pesan di inbox, dan memberi komentar ke teman. Foto-foto bisa ditampilkan dengan baik, dan ada fitur untuk mengetahui update status seseorang dengan mudah. Bahkan ada fitur khusus untuk upload foto langsung dari hap ke FB. Sementara ikon FB di Corby TXT hanya link ke alamat http://m.facebook.com dengan fitur dan tampilan terbatas.
Sedangkan untuk email keduanya memiliki wizard atau menu penuntun untuk setting email. Jika di LG GW 300 menu penuntun langsung muncul di awal saat pertama kali dinyalakan, sementara di Corby TXT mesti masuk ke menu Message>Email Inbox lalu memilih penyedia email gratisan yang terkenal seprti Google. Keduanya sama-sama tidak mendukung push mail seperti BlackBerry, tapi pull mail yang mesti diaktifkan untuk mengecek ada tidaknya email yang masuk.
Kerennya lagi, di bagian kiri tombol navigasi LG GW 300 ada tombol multitasking, tombol yang digunakan untuk berpindah ke aplikasi lain tanpa harus menutupnya. Gampangnya begini, saat kita sedang berselancar di website Anda tetap bisa berkirim pesan atau mengelola daftar nama. Meskipun multitasking ini nggak berfungsi saat mendengrkan musik atau memotret, fitur ini membuat LG GW 300 tampak lebih canggih. Dan ternyata fitur ini tidak tersedia di Corby TXT.

Memori dan Konektifitas
LG GW 300 memiliki memori internal hanya 10MB plus slot microSD hingga 4GB, sementara Corby TXT memori internalnya 40MB plu slot microSD hingga 8GB. Dalam hal penempatan slot memori micoSD, LG GW 300 selangkah lebih maju karena menempatkannya di sisi kiri luar dan bersifat hot-swap (microSD bisa dilepas-pasang tanpa harus mematikan hape). Sementara di Corby TXT, letak slot microSD tersembunyi di bawah baterei dan di bawah kartu SIM, otomatis hape harus dimatikan dan perlu usaha dan kesabaran untuk mengeluarkannya.
Keduanya juga punya koneksi Bluetooth dan kabel data microUSB untuk transfer file seperti, foto, video, dan lagu. Untuk LG GW 300 ada menu untuk sinkronisasi isi hape. Di LG GW 300, kabel charger bisa dilepas dan difungsikan sebagai kabel data sehingga lebih praktis dalam pemakaian. Sedangkan di Corby TXT kabel data mesti dibeli secara terpisah.
Untuk akses internetnya, LG GW 300 punya senjata lebih baik dengan koneksi GPRS/EDGE Class 12, sementara Corby TXT baru Class 10. Jika tak puas dengan browser bawaan yang ada, LG GW 300 sudah tersedia aplikasi Opera Mini.

Foto dan Video
Kamera keduannya sama-sama 2MP, tanpa flash dan autofokus. Kamera Corby TXT tak dilengkapi cermin untuk memotret diri, seperti di LG GW 300. Lalu bagaimana dengan kualitasnya? Cukup lumayan dengn karakter kamera yang berbeda. Hasil foto di LG GW 300 tajam dengan lensa lebih besar sehingga bisa menangkap obyeklebih luas, namun warna-warna kurang bisa terekam dengan baik alias tampak pucat. Sementara hasil foto Corby TXT juga tajam dan mampu merekam warna-warna dengan lebih matang sehingga lebih bagus. Namun yang menarik, kinerja pemotretan jarak dekat (close up) di LG GW 300 jauh lebih bagus. Pada jarak 10 cm, kamera LG GW 300 masih mampu memotret bunga atau huruf-huruf di koran dengan tajam, sementara di kamera Corby TXT terlihat kabur dan nggak jelas. Untuk video, hasilnya bisa dikatakan sama, yaitu rekaman video bisa berjalan halus dan tanpa hambatan, tanpa terlihat patah-patah. Namun, seperti halnya hasil foto, warna yang muncul di video LG GW 300 cenderung agak pucat, dan warna di video Corby TXT lebih alami dan segar. So, kesimpulan ada di tangan Anda?

0 komentar:

 
© Bisnis Online by Kumpulan Bisnis